SURYANI, HAMIDAH and Dirawan, Gufran Darma and Tahmir, Suradi and Yahya, Muhammad (2017) MODEL PELATIHAN MOTIVATION, INNOVATIVE, DEVELOPMENT, ACHIEVEMENT (MIDA) DALAM PENGELOLAAN LIMBAH INDUSTRI PAKAIAN JADI (Model Pelatihan MIDA). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar. ISBN 978-602-6883-49-0

Hasil daur ulang (recycle) dari limbah industri pakaian jadi yang dibuat menjadi produk kerajinan kain perca oleh pengrajin kain perca di Kota Makassar, pada umumnya tidak pernah melakukan pengembangan diri dalam pengolahan limbah perca kain menjadi suatu produk daur ulang, tidak pernah memperkenalkan atau membuat sesuatu yg baru (innovative), dalam membuat produk kerajinan dari perca kain, dan tidak ada pengembangan (devolepment) yang terjadi. Bahkan sudah melakukan pekerjaan tersebut selama bertahun-tahun, tetapi tidak ada prestasi (achievement) yang menonjol dari hasil kerajian produk yang telah dibuat oleh pengrajin. Pemanfaatkan kain perca sebagai bahan baku utama pembuatan aneka kerajinan, ternyata bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Mulai dari kain sisa jahitan yang awalnya tidak bernilai, bisa dikreasikan menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki fungsi dan harga jual cukup tinggi. Misalnya bed cover, sarung bantal maupun seprei, keset, serbet, taplak meja, boneka, kotak pensil, dompet handpone, tas,hiasan dinding dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, maka dikembangkan suatu pelatihan dengan model Motivation-Innovative-Development-Achievement (Model Pelatihan MIDA) yang bertujuan untuk memberikan motivasi, inovasi, perkembangan dan pencapaian prestasi sebagai upaya peningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pengrajin mengelola limbah industri pakaian jadi, dalam hal ini limbah kain perca. Sehingga dengan demikian, maka dapat menjadikan limbah kain perca tersebut sebagai bidang usaha yang lebih menjanjikan pada masa yang akan datang. Sebagai upaya memberikan gambaran menyeluruh tentang Model Pelatihan MIDA ini, maka Buku Model ini dibuat untuk memenuhi salah satu kebutuhan para pihak, baik pengambil kebijakan, pemerhati dan praktisi serta pihak lainnya, yang konsen pada perlindungan, pemeliharaan, dan pengelolaan lingkungan hidup dalam memaksimalkan upaya kreatif dimaksud.

MODEL PELATIHAN MOTIVATION, INNOVATIVE, DEVELOPMENT, ACHIEVEMENT (MIDA) DALAM PENGELOLAAN LIMBAH INDUSTRI PAKAIAN JADI (Model Pelatihan MIDA). (2.6 MiB, 17 downloads)